Situbondo, Newsindonesia - Komunitas NGOPI AKSI (Ngobrol Pintar Akademisi Edukasi) Situbondo menggelar webinar Pembuatan RPP Pembelajaran Mendalam Menggunakan AI, Jum'at (20/05).
Disiarkan lewat Zoom Webinar ini menghadirkan Sekjen FGI (Forum Guru Indonesia) Rofiq Ali Muhsin S.Pd., M.T., sebagai narasumber.
Dalam paparannya Rofiq yang juga Peneliti Utama Insan Cendikia Institute Indonesia menguraikan tentang Konsep deep learning, pemahaman dasar RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) PPM (perencanaan pembelajaran mendalam), dan membuat RPP dengan bantuan AI Deep Seek kepada peserta webinar.
Ia memberikan berbagai tips dan trik termasuk panduan variasi prompt atau perintah, agar RPP yang dihasilkan tepat dan bagus.
NGOPI AKSI sendiri merupakan sebuah komunitas guru yang berpusat di Situbondo yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidik, dengan cara bertukar gagasan tentang berbagai pendekatan dalam pendidikan.
Sejak 2021 sampai sekarang NGOPI AKSI telah menggelar even rutin sebulan dua kali.
Webinar ini menjadi salah satu program unggulan Ngopi Aksi yang rutin menyuguhkan ruang berbagi praktik baik dan solusi praktis bagi para pendidik. Peserta berasal dari berbagai daerah, mulai dari guru, kepala sekolah, hingga pegiat pendidikan yang tertarik memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam mendesain pembelajaran mendalam sesuai karakteristik murid.
“AI bukan untuk menggantikan guru, tapi menjadi alat bantu revolusioner dalam merancang pembelajaran yang lebih adaptif, reflektif, dan berdampak,” tegas Rofiq Ali dalam paparannya.
Acara ini tidak hanya memaparkan teori, tetapi juga menyuguhkan:
Simulasi langsung perancangan RPP menggunakan bantuan AI,
Studi kasus praktik kelas, serta
Sesi tanya jawab interaktif antara peserta dan narasumber.
Dengan kemasan yang santai namun berbobot, kegiatan ini sejalan dengan semangat Ngopi Aksi yang menggabungkan Ngobrol Pintar dan Aksi Nyata dalam satu wadah kolaborasi digital.
Antusiasme Peserta
Para peserta webinar menyampaikan antusiasme dan apresiasi mereka terhadap topik yang sangat relevan dengan tantangan pembelajaran saat ini. Banyak guru mengaku terbantu dengan pendekatan teknologi yang dibawakan secara sederhana dan aplikatif. (dik_ar)

